SiAmplop

Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli

Setiap orang yang berkecimpung dalam dunia usaha atau pelaku bisnis hampir dipastikan mengenal dan tahu apa itu akuntansi. Ya..pastinya, karena keseharian aktivitas utama mereka tidak lepas dengan yang namanya akuntansi. Namun tidak sedikit yang belum memahami apa sebenarnya akuntansi itu ?

Mereka hanya mengetahui kalau akuntansi adalah segala  aktivitas yang ada hubungannya/kaitannya dengan soal keuangan. Pernyataan ini jika dipandang dari sudut secara umum ada benarnya juga meskipun tidak sepenuhnya tepat. Lalu apa sebenarnya pengertian dari akuntansi secara umum dan berdasarkan pendapat para ahli.

Contoh Kegiatan Akuntansi
Berikut akan kita bahas berbagai macam pengertian akuntasi baik secara umum maupun menurut pendapat para ahli.

Pengertian Akuntansi secara umum
Istilah Akuntansi berasal dari kata serapan bahasa asing yaitu accounting yang memiliki makna menghitung atau mempertanggungjawabkan. Akuntansi adalah suatu proses mencatat, mengklasifikasi, meringkas, mengolah dan menyajikan data, transaksi serta kejadian yang ada hubungannya dengan keuangan sehingga dapat digunakan oleh orang yang menggunakannya untuk pengambilan suatu keputusan serta tujuan lainnya.

Fungsi utama dari akuntansi sendiri adalah sebagai media informasi keuangan suatu organisasi. Dari laporan akuntansi itulah maka kita dapat melihat posisi keuangan suatu organisasi serta perubahan apa yang terjadi di dalamnya. Akuntansi dibuat secara kualitatif dengan satuan ukuran uang. Informasi mengenai keuangan sangat dibutuhkan khususnya oleh pihak manajer / manajemen untuk membantu membuat keputusan suatu organisasi.


Pengertian Akuntansi Menurut Pendapat Para Ahli
Menurut Paul Grady, Akuntansi merupakan sebuah body of knowledge serta memiliki fungsi organisasi secara tersusun, orisinal, autentik, menganilisis dan menafsirkan seluruh kejadian dan transaksi serta karakter keuangan yang akan terjadi dalam kegiatan entitas akuntasi untuk menyediakan informasi yang dibutuhkan untuk memanjemen segala laporan dan pertanggungjawaban atas kepercayaan yang telah diterimanya.
Menurut Littleton merupakan salah satu ahli akuntansi. Menurutnya bahwa tujuan utama dari akuntansi adalah melaksanakan perhitungan periodik antara biaya dan hasil. Dia juga menambahkan bahwa biaya dianggap sebagai usaha, sedangkan hasil adalah prestasi. Dari pendapatnya diatas, maka akuntansi bisa disimpulkan  adalah perhitungan komparasi antara biaya-biaya yang terjadi sebagai sebuah usaha dengan pencapaian hasil yang merupakan prestasi atas usaha tersebut.
Menurut Mulyadi (seorang penulis buku akuntansi terkenal), menyatakan bahwa  sistem akuntansi didefinisikan sebagai organisasi formulir, catatan serta laporan yang dikoordinasi sedemikian rupa untuk menyediakan informasi keuangan yang dibutuhkan oleh manajemen guna memudahkan pengelolaan perusahaan.
Pengertian akuntansi menurut accounting principle board adalah suatu kegiatan jasa untuk memberikan informasi yang bersifat kuantitatif dimana pada umumnya berukuran materi atau uang tentang mengenai suatu badan ekonomi yang untuk digunakan dalam mengambil keputusan ekonomi dalam memilih diantara beberapa pilihan alternatif.
Sophar Lumbantoruan merupakan seorang mantan pejabat Direktorat Jenderal Pajak Republik Indonesia yang menulis  sebuah buku Akuntansi Pajak. Didalam bukunya, Sophar mengatakan bahwa akuntansi adalah suatu alat yang digunakan untuk bahasa bisnis di mana informasi yang disampaikan hanya bisa dipahami jika mekanisme akuntansi sudah dimengerti. Jadi bagi pihak-pihak yang tidak mengerti alur, prosedur serta mekanisme dari proses akuntansi, ia tidak akan bisa memahami informasi keuangan hasil dari proses akuntansi.
Suparwoto adalah seorang dosen akuntansi yang mengabdi di Universitas Gajah Mada. Beliau merupakan lulusan dari California State University. Beliau mendefinisikan akuntansi sebagai suatu teknik atau sistem untuk mengukur dan mengelola transaksi keuangan dan menyajikan hasil pengelolaan tersebut dalam bentuk informasi kepada pihak-pihak internal dan eksternal perusahaan. Pihak eksternal meliputi investor, kreditur, pemerintah, serikat buruh dan lain-lain.
Pengertian akuntansi menurut American Institute of Certified Public Accountant adalah suatu seni mencatat, mengikhtisarkan dan mengelola dengan proses tertentu dan dalam ukuran moneter dan transaksi serta kejadian-kejadian yang umumnya bersifat keuangan dan menafsirkan hasil-hasilnya.

Itulah tadi penjelasan tentang definisi Akuntansi menurut pendapat beberapa ahli. Dari definisi yang dikemukakan diatas maka bisa disimpulkan secara garis besarnya bahwa akuntansi adalah suatu proses pencatatan transaksi keuangan kemudian dikelompokkan, diidentifikasi untuk disajikan dalam bentuk laporan kepada pihak pihak yang berkepentingan didalamnya.

            Mudah-mudah informasi diatas dapat memberikan sedikit manfaat dan sekaligus menambah wawasan bagi siapaun yang membacanya. 

Share:

Tweet Share GPlus