SiAmplop

Contoh Penulisan Surat Keterangan Domisili yang Baik dan Benar

Sebelumnya pada artikel-artikel terdahulu saya sudah memaparkan beberapa contoh cara penulisan surat resmi diantaranya seperti contoh surat pengunduran diri, contoh surat lamaran kerja dll. Sedikit berbeda dengan postingan sebelumnya, kali ini saya akan coba membahas contoh surat resmi lainnya, yaitu surat keterangan domisili Mungkin masih banyak yang belum tahu dan paham apa itu surat keterangan domisili dan apa fungsi dari surat tersebut.


Pengertian Surat Keterangan Domisili
Surat Keterangan Domisili tergolong kedalam salah satu jenis surat resmi karena yang membuat dan megeluarkan adalah pejabat yang berwenag di sebuah instansi untuk meerangkan status tempat tinggal seseorang di suatu wilayah atau daerah tertentu. adapaun fungsi dan kegunaan dari surat tersebut adalah berbagai macam, salah satunya adanya sebagai bukti atau keterangan yang menyatakan status seseorang apakah sebagai warga pendatang atau penduduk setempat. Selain sebagai fungsi pendataan, surat tersebut juga bisa digunakan untuk keperluan lainnya. Sebagai contoh, apabila Anda ingin mengurus surat kelahiran atau ingin menikah, maka keterangan tentang data diri melalui surat domisili tersebut bisa membantu jika Anda tinggal di perantauan atau jauh dari rumah. Yang ketiga adalah membantu Anda dalam mengurus pekerjaan.

Lalu apa sajakah persyaratan yang yang diperlukan untuk mengajukan surat tersebut ?
Tidak sedikit yang menyepelekan hal tersebut karena malas dalam mengurusnya. Pertama Anda harus mendatangi ketua RT setempat dengan membawa KTP dan juga Kartu Keluarga asli bila Anda sudah berkeluarga. Kemudian Anda tinggal bilang untuk meminta surat domisili, nanti pihak RT akan membuatkan surat pengantarnya untuk dibawa ke pihak selanjutnya.Untuk mendapatkan surat ini, anda kemudian tinggal mendatangi kantor kelurahan setempat untuk mengisi formulir pengajuan dengan membawa berkas seperti yang telah disebutkan diatas dan menyerahkannya ke petugas, baru nanti akan diproses. 

Perihal yang membuat surat keterangan domisili adalah sudah merupakan tugas dari pihak yang berwenang, jadi kita tidak usah repot-repot untuk membuatnya. Namun tidak ada salah apabila anda ingin mengetahui bagaimana susunan atau bagian dari surat keterangan domisili tersebut, berikut saya jabarkan cara dan susunannya.
(Contoh surat Keterangan Domisili)

Surat Keterangan Domisili mempunyai bentuk susunannya, seperti dibawah ini :
Kepala Surat / Kop Surat
Nomor
Identitas yang bersangkutan
Isi yang menerangkan status tempat tinggal yang bersangkutan
Tanda tangan pihak yang berwenang
Nah... dari penjelasan diatas, pasti anda sudah tahu kan bagaimana gambaran dari surat tersebut. Untuk lebih jelasnya saya berikan contoh surat keterangan domisili dibawah ini :

Text Box: logoContoh Surat Domisili Yang Baik Dan Benar
 
PEMERINTAH KABUPATEN CIREBON
KECAMATAN ARJAWINANGUN
KANTOR KEPALA DESA / KECAMATAN ARJAWINANGUN


SURAT KETERANGAN DOMISILI
No. 401/SKD/IV/2016


Yang bertanda tangan di bawah ini adalah:
Nama                               : ……………………………
Jabatan                             : ……………………………
Alamat                             : ……………………………

Menerangkan bahwa :
Nama                              : ……………………………
Tempat/Tgl. Lahir          : ……………………………
Jenis Kelamin                 : ……………………………
Pekerjaan                        : ……………………………
Agama                            : ……………………………
Status Perkawinan          : ……………………………
Kewarganegaraan          : ……………………………
Alamat                           : ……………………………

Benar Orang tersebut berdomisili di Desa Arjawinangun Kecamatan Arjawinangun Kabupaten Cirebon Provinsi Jawa Barat.

Demikian surat keterangan domisili ini kami buat untuk dipergunakan sebagaimana mestinya. Dan kepada yang berkepentingan agar menjadi maklum.

Arjawinangun, 25 Februari 2017
          Kepala Desa




(--------------------------------)


Demikianlah ulasan yang dapat saya berikan tentang surat keterangan domisili, silahkan digunakan jika memang bermanfaat tinggal disesuaikan dengan data anda masing-masing dan semoga bisa dijadikan referensi khususnya bagi pejabat terkait. Sampai ketemu kembali dengan artikel-artikel saya selanjutnya.

Share:

Tweet Share GPlus