SiAmplop

Contoh Cover Makalah Yang Baik dan Benar

Setiap karya berupa tulisan apapun bentuknya baik itu berupa buku, majalah, skrpsi maupun makalah tidak terlepas dari yang namanya cover/sampul. Hal ini sangat penting sebab fungsi dari cover/sampul itu sendiri adalah sebagai daya tarik, karena yang pertama kali dilihat oleh orang sebelum melihat isi sebuah karya atau buku adalah tampilan cover itu sendiri.  Semakin bagus covernya maka peluang untuk dibaca semakin besar, meskipun terkadang isinya belum tentu sebagus covernya.

Pada dasarnya tidak ada aturan baku tentang cara membuat cover, semua berdasarkan daya kreatif penyusunnya masing-masing namun ada beberapa hal yang mesti diperhatikan dalam menyusun sebuah cover agar hasilnya nampak bagus dan menarik.

Tenang saja, kali ini saya coba berikan solusinya.

CARA MEMBUAT COVER MAKALAH 


1. Judul Makalah
adalah bagian atas dari sebuah cover. Fungsinya adalah memberikan informasi utama kepada pembaca mengenai hal yang akan dibahas pada makalah tersebut.

 Tips
  • Judul dibuat dengan menggunakan susunan kalimat yang singkat, menarik dan bersifat informatif.
  • Gunakanlah font Times New Roman, size: 14 atau 16, huruf kapital (caps lock) dan Bold
  • Pengaturan Margin (batas tepi kertas), kiri: 4 cm, kanan: 3 cm, atas dan bawah: 3 cm
  • Letak menggunakan rata tengah (justify/ Ctrl + E)
  • Gunakanlah Kertas A4 (disesuaikan dengan kertas isinya)
2. Tujuan Pembuatan Makalah
Pada bagian ini dijelaskan tentang alasan atau dengan tujuan apakah kalian membuat makalah ini. Sebagai contoh “Makalah ini dibuat sebagai syarat untuk memenuhi tugas bidang studi Biologi“.

3. Logo Organisasi/Lembaga/Instansi
Logo merupakan hal yang wajib dalam penyusunan cover makalah. Logo diletakkan di bagian tengah cover,ukurannya bisa disesuaikan disesuaikan, asalkan jangan terlalu kecil atau besar, cukup bisa terlihat jelas oleh pembaca.

4. Identitas Penulis/Penyusun Makalah
Identitas penulis/penyusun makalah ditulis persis di bawah logo. Jika penyusun ini individu tuliskan nama, kelas/jurusan, serta nomor identitas diri. Lantas bagaimana jika makalah ini tugas kelompok? Cukup tuliskan nama anggota dalam kelompok itu saja. Identitas ini penting karena menunjukkan kepemilikan karya makalah tersebut  agar tidak diklaim milik orang lain atau pun ditiru kerangka materinya.

5. Identitas atau Nama Lembaga/Sekolah/Universitas/Jurusan/Instansi
Langkah selanjutnya, di bawah identitas penulis, tuliskan identitas lembaga/sekolah/instansi/universitas yang penulis tersebut tempati.

6. Alamat
Jangan lupa, tuliskan identitas alamat sekolah/universitas/lembaga tersebut.  Tuliskan nama jalan, nomor alamat, kabupaten, provinsi, dan kode pos. Isikan kontak yang bisa dihubungi, nomor telepon, faksimile, dan email.

7. Tahun Pembuatan Makalah
Yang terakhir adalah tahun pembuatan makalah. Fungsinya sebagai pengingat ketika suatu saat dibutuhkan lagi, sehingga memudahkan dalam sistem pengarsipan.

Contoh Cover Makalah (Tugas Individu)


Contoh Cover Makalah (Tugas Kelompok)



Demikianlah ulasan tentang cara membuat cover makalah yang benar, silahkan bagi yang ingin mencontohnya tinggal liat saja contoh gambar diatas.
SEMOGA BERMANFAAT....

Share:

Tweet Share GPlus