SiAmplop

Cara Membuat Kata Pengantar Yang Baik dan Benar


Lazimnya dalam sebuah karya tulis, baik yang berupa tulisan ilmiah maupun non ilmiah biasanya diawali dengan dengan sebuah kata pembuka dari penyusunnya atau biasa kita disebut dengan kata pengantar. Isinya berupa ucapan syukur atas selesainya karya tulis tersebut juga ucapan terima kasih atas segala bantuan dari semua pihak yang telah membantu hingga karya tersebut selesai dan yang terakhir adalah berupa harapan si penyusun tentunya.


Membuat Kata Pengantar nyatanya memang gampang-gampang susah. Meskipun hal ini kadang dianggap remeh tetapi masih banyak yang bingung untuk menyusunnya. Pemilihan kata yang baik dan tepat terkadang masih menjadi kendala untuk menghasilkan suatu paragrap dalam sebuah kata pengantar.

Sebenarnya banyak sekali contoh kata pengantar di internet yang bisa dijadikan rujukan, namun tidak ada salahnya jika anda mencoba artikel ini. Baiklah.....daripada penasaran, langsung saja  ke TKP :)

Dalam membuat sebuah kata pengantar, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan yaitu susunannya harus dibuat serapi mungkin. Usahakan gunakan kalimat yang singkat, mudah dimengerti dan gunakanlah bahasa yang baku sesuai dengan EYD yang diberlakukan.

Dibawah ini, saya berikan beberapa contoh kata pengantar agar dapat dijadikan referensi bagi siapapun yang membutuhkannya. 

Contoh Kata Pengantar Makalah I

Bismillahirrohmanirrohim
Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang, penulis panjatkan puja dan puji syukur atas kehadiratNya, yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, dan inayahNya kepada penulis, sehingga penulis dapat menyelesaikan karya tulis ilmiah yang berjudul “ Dampak Hama Wereng Terhadap Tanaman Padi Dan Cara Penanggulangannya di Desa Wonokerto Kecamatan Bandar Kabupaten Batang” tanpa hambatan dan rintangan yang terlalu berat.
Karya tulis ilmiah ini telah penulis susun dengan maksimal dan mendapat bantuan dari berbagai pihak sehingga dapat memperlancar pembuatan karya tulis ilmiah ini. Untuk itu penulis menyampaikan banyak terima kasih.
1.    Al – Mukarom KH. AR. Ibnu Ubaidillah Syathori, selaku Pengasuh Yayasan Dar Al – Tauhid Arjawinangun Cirebon.
2.    Drs. Edy Asto, selaku Kepala Madrasah.
3.    M.Sholeh, M.Pd, selaku Pembimbing Teknis.
4.    Sa’adah, S.Pd, selaku Pembimbing Materi
5.    Imam Darmawan, S.Si, selaku wali kelas XII IPA
6.    Ayah dan Ibu tercinta yang telah mendidik dan member kasih sayang kepada penulis.
7.    Semua pihak yang telah membantu penulis dalam menyelesaikan karya tulis ini.
Terlepas dari itu semua, penulis menyadari sepenuhnya bahwa masih ada kekurangan baik dari segi susunan kalimat maupun tata bahasanya. Oleh karena itu dengan tangan terbuka penulis menerima segala saran dan kritik dari pembaca agar penulis dapat memperbaiki karya tulis ilmiah ini.
Akhir kata penulis berharap semoga karya tulis ini dapat memberikan manfaat maupun inspirasi terhadap pembaca.

                                                                                               Ajawinangun ,             Oktober 2017

                                                                                                                      Penyusun

 Contoh Kata Pengantar II

       Puji dan syukur atas segala rahmat dan karunia Tuhan YME karena berkat rahmatNya lah kami dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik dan tepat waktu. Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada junjungan dan suri tauladan kita, nabi besar Muhammad SAW beserta para sahabatnya dan pengikutnya sampai yaumul akhir.
      Makalah yang berjudul " Cara Membuat Tempe dari Bahan Dasar Kacang Kedelai " ini disusun atas bantuan dari berbagai pihak sehingga dapat diselesaikan dengan baik. Dalam kesempatan ini penulis ingin menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada :
  1. Tuhan YME atas segala rahmat dan karunianya
  2. Kedua Orang Tua yang selalu membimbing dan mendidik penulis hingga menjadi seperti ini
  3. Bpk............. selaku wali kelas dan pembimbing materi
  4. Rekan-rekan seperjuangan utamanya kelas...........
  5. Serta semua pihak yang telah membantu baik moril maupun materil yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu disini
       Semoga segala amal dan perbuatannya diberikan ganjaran pahala yang berlipat dari Tuhan YME. Ibarat sebuah pepatah " Tidak ada gading yang tak retak" begitupun dengan makalah ini yang belum dapat dikatakan sempurna karena masih banyak ditemukan kesalahan disana-sini baik dari materi maupun penyusunannya. Oleh karena itu penulis sangat terbuka atas kritikan dan saran yang bersifat membangun guna penyempurnaan di masa mendatang.
     Akhir kata, semoga makalah ini bisa bermanfaat bagi penulis khususnya dan bagi pembaca pada umumnya.

                                                                                                                                   Cirebon,   2017

                                                                                                                                          Penulis

Demikianlah beberapa contoh penulisan kata pengantar yang baik dan benar, semoga bisa bermanfaat dan bisa dijadikan referensi bagi siapapun yang membutuhkannya.

Share:

Tweet Share GPlus