SiAmplop

Cara Membuat Karya Tulis yang Baik dan Benar

Tidak berbeda jauh dengan postingan saya sebelumnya tentang Cara Membuat Makalah yang Baik dan Benar, kali ini saya akan membahas seputar tema yang sama masih berkaitan dengan tugas seorang pelajar yaitu Cara Membuat Karya Tulis yang Baik dan Benar.

Bagi kalangan pelajar dan mahasiswa tidaklah asing dengan yang namanya Karya tulis Ilmiah. Kenapa demikian...., karena yang namanya karya tulis ilmiah adalah suatu hal yang tidak bisa dipisahkan dengan keseharian atau tugas mereka selaku pelajar / mahasiswa.

Apa itu Karya Tulis Ilmiah

Adalah suatu jenis laporan tertulis dan diterbitkan yang memaparkan hasil penelitian atau pengkajian yang telah dilakukan oleh seseorang atau sebuah tim dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan yang dikukuhkan dan ditaati oleh masyarakat keilmuan. Jenisnya bisa bermacam-macam tergantung dari tujuan, manfaat, sumber penulisan dan aspek-aspek lainnya. Karya tulis dapat dikelompokkan menjadi dua yaitu karya fiksi (tidak ilmiah) dan non fiksi (ilmiah). Karya fiksi merupakan karya tulis yang sumbernya semata-mata imajinasi, fantasi, atau karangan dari si penulis. Tujuan orang menulis fiksi biasanya untuk menghibur atau bisa juga sekedar untuk mengungkapkan isi hati penulis.

Karya tulis ilmiah banyak sekali macamnya diantaranya adalah :
Artikel Dalam konteks ilmiah, artikel merupakan karya tulis yang dirancang untuk dimuat dalam jurnal atau kumpulan artikel yang penulisannya secara ilmiah dengan mengikuti pedoman yang disepakati. Artikel ini biasanya diangkat dari pemikiran dan kajian pustaka hasil dari pengembangan proyek.
Makalah Diartikan sebagai karya tulis ilmiah tentang suatu topik tertentu yang disusun secara sistematis dengan disertai analisis yang logis dan objektif. Biasanya makalah ditulis untuk memenuhi tugas yang diberikan oleh pengajar dalam hal ini bisa guru atau dosen yang hasilnya akan disajikan dalam forum diskusi untuk kemudian dibahas.
Laporan Praktikum Merupakan laporan tertulis dari serangkaian kegiatan praktikum yang telah dilakukan oleh seorang atau sekelompok siswa. Dalam menuliskannya laporan unsur kronologis menjadi sangat penting karena praktik kerja baik di lapangan maupun di laboratorium terdiri dari tahapan-tahapan yang sistematis yang harus dilaporkan secara sistematis. 
Skripsi Adalah salah satu jenis karya tulis ilmiah yang merupakan tugas akhir dari seorang mahasiswa sebagai syarat kelulusan. Skripsi ini berisi tulisan yang sistematis yang merupakan pendapat penulis berdasarkan teori orang lain. Pendapat atau teori tersebut harus didukung oleh data dan fakta empiris-objektif baik berdasarkan penelitian langsung atau bersumber dari literatur kepustakaan.
Paper Nama lain dari makalah dikalangan mahasiswa kaitannya dengan pembelajaran dan pendidikan sebelum menyelesaikan jenjang studinya. Sistematika dalam penulisannya sama halnya seperti artikel atau makalah tergantung dari panduan yang berlaku ditempat pendidikannya masing-masing.
Tugas Akhir Baik Skripsi (S1), Thesis (S2), ataupun Desertasi (S3) merupakan karya ilmiah yang ditujukan untuk mengakhiri studi di perguruan tinggi. Tugas akhir biasanya berupa hasil penelitian dari bidang tertentu (sesuai jurusan atau program studi yang diambil) yang kemudian diujikan secara lisan untuk memperoleh derajat kelulusan dan kelayakan karya tersebut.
Dibawah ini adalah contoh kerangka penulisan karya tulis ilmiah yang benar, tentunya sistematika ini tidaklah baku artinya untuk isi dan pengembangannya bisa disesuaikan dengan panduan yang diberikan oleh masing-masing pengajar, namun ini sebagai gambaran umum tentang bagaimana sistematika penulisan karya ilmiah pada umumnya saja. Silahkan bagi anda yang masih bingung dalam menyusun karya tulis contoh dibawah ini bisa dijadikan salah satu bahan panduannya.

Sistematika Penulisan Karya Tulis Ilmiah

BAGIAN PEMBUKA
Sampul
Halaman judul.
Halaman pengesahan.
Abstraksi (bisa ditiadakan)
Kata pengantar.
Daftar isi.

BAGIAN ISI

Pendahuluan
Latar belakang masalah.
Perumusan masalah.
Pembahasan/pembatasan masalah.
Tujuan penelitian.
Metode penelitian.

Pembahasan
Pembahasan teori
Kerangka pemikiran dan argumentasi keilmuan
Pengajuan hipotesis masalah

Metodologi penelitian
Waktu dan tempat penelitian.
Metode dan rancangan penelitian
Populasi dan sampel.
Instrumen penelitian.
Pengumpulan data dan analisis data.

Hasil penelitian
Jabaran varibel penelitian.
Hasil penelitian.
Pengajuan hipotesis.
Diskusi penelitian, mengungkapkan pandangan teoritis tentang hasil yang didapatnya.

BAGIAN PENUTUP

Penutup
Kesimpulan
Saran

BAGIAN PENUNJANG

Daftar pustaka.
Lampiran- lampiran antara lain instrumen penelitian.
Daftar Tabel (jika ada)

Untuk Contoh Karya Tulis Bisa di Download Disini

Demikianlah sedikit ulasan tentang cara membuat karya tulis ilmiah yang baik dan benar, semoga bisa bermanfaat bagi siapapun untuk dijadikan panduan dan referensi dalam menyusun karya tulis ilmiah. Nantikan saya pada artikel-artikel berikutnya

Share:

Tweet Share GPlus