SiAmplop

Contoh Surat Pengunduran Diri Yang Baik dan Benar

Setiap orang  pasti menginginkan pekerjaan untuk mendapatkan uang guna memenuhi segala kebutuhan hidupnya, terlebih bagi mereka yang baru saja menyelesaikan pendidikan atau kuliah. Banyak cara yang orang lakukan agar sebisa mungkin diterima kerja ditempat yang mereka idamkan baik dengan jalur murni melalui berbagai rangkaian tes atau seleksi dari perusahaan yang dimaksud, namun tidak sedikit pula yang menggunakan cara-cara yang bisa dibilang curang dengan memanfaatkan "jalur belakang" istilah yang biasa digunakan untuk mereka-mereka yang ingin bekerja di suatu perusahaan dengan cara instan tanpa melalui rangkaian tes yang semestinya harus diikuti oleh setiap calon karyawan.
Contoh Surat Pengunduran Diri


Terlepas dari hal tersebut diatas, nyatanya tidak semua orang yang sudah bekerja dalam suatu perusahaan merasa nyaman di dalamnya. Banyak sekali faktor yang menyebabkan kondisi seperti ini, misalnya saja : adanya ketidaknyamanan dalam suasana kerja, aturan perusahaan yang dinilai terlalu ketat atau membebani bahkan sampai persoalan gaji yang biasanya dianggap tidak sesuai dengan standar kerjanya. Hal inilah yang menyebabkan seseorang memilih mundur dari perusahaan tersebut dengan harapan menemukan tempat kerja yang jauh lebih baik dari yang dijalani sekarang.

Dalam dunia kerja tentu ada prosedur-prosedur yang harus dilewati setiap calon karyawan. Dulu ketika kita ingin bekerja disuatu perusahaan kita diharuskan menyerahkan surat lamaran pekerjaan sebelum diterima bekerja di perusahaan tersebut, begitupun sebaliknya ketika kita berkeinginan untuk mengundurkan diri, maka kitapun harus menyerahkan surat pengunduran diri. Meskipun hanya berupa surat, namun ini merupakan suatu bentuk etika yang perlu diperhatikan tata caranya.

Nah kali ini kita akan membahas bagaimana cara menulis surat pengunduran diri (resign) yang baik dan benar. Pada dasarnya surat pengunduran diri itu berisikan tentang pernyataan bahwa kita ingin berhenti bekerja di perusahaan. Seperti format surat resmi pada umumnya, surat pengunduran diri juga terdiri dari tiga bagian, diantaranya: bagian kepala, badan, dan kaki
  1. Bagian KepalaPada bagian ini kita harus menjelaskan tujuan dari dibuatnya surat pengunduran diri tersebut untuk dialamatkan kepada siapa dan bagian apa dalam perusahaan sekaligus juga dengan titimangsanya.
  2. Bagian Badan: Bagian ini merupakan bagian utama dari surat pengunduran diri, isinya menjelaskan tentang maksud dan alasan kenapa kita mengajukan surat tersebut. Biasanya diawali dengan ucapan salam (Dengan Hormat), kemudian dilanjutkan dengan alasan pengunduran diri juga berisi ucapan terima kasih atas kesempatan yang diberikan perusahaan.
  3. Bagian Kaki : Bagian ini merupakan penutup dari surat pengunduran diri, biasanya berisikan ucapan terima kasih juga ungkapan harapan untuk perusahaan.
Berikut contoh surat pengunduran diri yang bisa anda jadikan pedoman 

Kepada Yth,                                                                            …………………………
Kepala HRD PT. ………………
Jln. …………………………. 

Dengan hormat,
Dengan surat ini saya selaku karyawan dari PT. …………… berdasarkan Surat Kesepakatan Bersama (SKB) tentang ketenagakerjaan serta undang-undang tenaga kerja. Yang bertanda yangan dibawah ini:

Nama                    :………………………….
Departemen          : ………………………….
Jabatan                 : ………………………….
No. Karyawan      : ………………………….
Alamat                 : ………………………….
                               ………………………….

Dengan ini bermaksud untuk mengajukan surat pengunduran diri dari PT………… terhitung sejak…………… dikarenakan………………...

Saya sangat berterima kasih kepada pihak PT. ………. yang telah memberikan kesempatan saya bekerja dan juga kepada teman-teman sejawat yang sudah banyak membantu saya dalam bekerja. Saya juga memohon maaf bila ada kesalahan baik itu pada perusahaan maupun pada teman-teman. Saya berharap perusahaan dapat memahami kondisi saya serta memberikan semua hak-hak saya selama bekerja di perusahaan ini.

Saya memiliki harapan bahwa PT…………….. menemukan pengganti saya yang lebih dan juga lebih sukses lagi untuk kedepannya.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat, atas segala perhatian dan kerjasamanya saya ucapkan teria kasih.


Hormat saya,


…………….


Nah, itulah salah satu contoh surat pengunduran diri (resign) yang baik dan benar yang bisa kalian jadikan referensi apabila ingin mengajukan pengunduran diri dari perusahaan. Semoga bermanfaat....

Share:

Tweet Share GPlus