SiAmplop

Contoh Cara Membuat Makalah Yang Baik dan Benar

Bagi seorang pelajar atau mahasiswa tugas yang diberikan oleh guru atau dosennya adalah ibarat makanan sehari-hari untuk mereka. Biasanya tugas tersebut berupa laporan tertulis atau makalah, temanya bisa bermacam-macam tergantung pada jenis pelajaran dan bab mana yang sedang dibahas. Terkadang ini membuat mereka pusing dan kebingungan.

Biasanya mereka mengambil cara praktis dengan pergi ke warnet kemudian menyuruh operator untuk mencari materinya di internet jika sudah ketemu tinggal di print, apabila sudah selesai langsung bayar. Cara seperti ini sebenarnya tidak mendidik karena menjadikan siswa tersebut malas, juga tidak menjadikan mereka berfikir kreatif untuk mengerjakan sendiri tugasnya.

Kali ini saya akan memberikan panduan bagaimana cara membuat makalah yang baik dan benar sekaligus dengan susunan dan contohnya. Semoga ini bisa menjadi panduan bagi mereka-mereka yang merasa kebingungan tentang bagaimana tatacara membuat makalah yang baik dan benar.

Pada prinsipnya, makalah merupakan bentuk kecil dari karya ilmiah. Metode dan cara penyusunannya pun hampir mirip satu sama lain.

Komponen-komponen yang perlu diperhatikan dalam membuat makalah diantara adalah :

Cover (judul)
Kata Pengantar
Daftar Isi
Bab I : Pendahuluan
Bab II : Isi
Bab III : Penutup
Daftar Isi

Berikut penjabarannya :

COVER

Bagian ini merupakan lembaran awal atau sampul dari suatu makalah, isinya berupa keterangan tentang judul makalah, siapa penyusunnya dan pada bagian bawahnya diisi dengan nama serta alamat tempat dimana kita mengenyam pendidikan tersebut.

Contohnya seperti gambar dibawah ini:






KATA PENGANTAR


Dibagian ini umumnya berisi tentang ucapan sepatah atau dua kata dari penyusun atas selesainya makalah tersebut. Di dalamnya terdapat ucapan terima kasih penyusun kepada semua pihak yang telah membantu dalam proses penyusunan serta harapan semoga makalah tersebut bermanfaat bagi siapapun yang membacanya.

Contohnya seperti ini :

Kata Pengantar

Dengan segala puja dan puji serta rahmat Tuhan YME, akhirnya penulis dapat menyelesaikan tugas makalah dengan judul "JUDUL MAKALAH" ini dengan baik. Dalam penyusunannya, penulis memperoleh banyak bantuan dari berbagai pihak, karena itu penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada:


Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmatnya
Bpk...... (selaku guru pembimbing)
Teman-teman seperjuangan yang telah memberikan dukungan moril hingga terselesaikannya makalah ini
Semua pihak yang telah membantu penulis yang tak dapat disebutkan satu persatu, semoga amal kebaikannya diberikan pahala yang berlipat

Dari sanalah semua kesuksesan ini berawal. Meskipun penulis berharap isi dari makalah ini bebas dari kekurangan dan kesalahan, namun selalu ada yang kurang. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun agar makalah ini dapat lebih baik lagi. Akhir kata penulis berharap agar makalah ini bermanfaat bagi semua pembaca.


Cirebon, 22 September 2017



Penyusun


DAFTAR ISI

Ada sebagian pelajar yang menganggap daftar isi tidak terlalu penting sehingga tidak jarang dari mereka yang menghilangkan bagian ini dalam susunan makalahnya. Namun sebenarnya dengan adanya daftar isi justru dapat membantu bagi para pembaca sebagai panduan dalam mencari letak bab mana yang ingin dibaca dengan melihat halaman di lembaran daftar isi tersebut.


Berikut contohnya:



DAFTAR ISI


Halaman judul


Kata pengantar................................................................... i


Daftar isi............................................................................ ii


Bab I ................................................................................. ...


Bab II................................................................................. ...


Bab III................................................................................ ...


Daftar Pustaka.................................................................... ...


BAB I

Di bab ini isinya mengulas tentang latar belakang dari makalah yang akan dibahas, rumusan atau identifikasi makalah, tujuan serta metode yang digunakan dalam menyusun makalah tersebut.

Susunannya adalah seperti contoh dibawah ini :


BAB II

Merupakan isi dari makalah yang dibahas, bahasannya bisa bermacam-macam tergantung bagaimana cara penulis menyusunnya dan darimana sumber rujukannya.

Contohnya bisa dilihat dibawah ini :

BAB III
Akhir dari sebuah makalah, merupakan bab penutup. Isinya berupa kesimpulan dari makalah yang dibahas disertai dengan saran-saran yang diperlukan berkaitan dengan tema, juga saran kepada para pembaca.

Bentuknya dapat dilihat pada contoh dibawah ini :


DAFTAR PUSTAKA

Merupakan lembaran terakhir dari suatu makalah, isinya adalah tentang daftar referensi yang kita gunakan dalam menyusun sebuah makalah, sumbernya bisa dari mana saja, baik dari media cetak (buku) ataupun dari media elelktronik (internet)

Contohnya seperti gambar dibawah ini:


Itulah langkah-langkah dalam menyusun suatu makalah beserta dengan contohnya, semoga bermanfaat bagi siapapun yang membacanya, khususnya bagi para pelajar.

Share:

Tweet Share GPlus