SiAmplop

√ Cara Membuat Kop Amplop Surat di Word


Cara Membuat Kop Amplop Surat di Word hanya dengan 5 langkah sederhana saja anda sudah bisa membuat kop amplop sendiri kali ini kami sajikan tutorialnya menggunakan Ms Word dimana memang selain menggunakan word anda bisa menggunakan yang lainya seperti corel draw. Ok dibawah ini langsung saja simak langah langkahnya.

Jika di pikir pikir anda akan menghemat banyak biaya, bayangkan saja jika mencetak amplop dalam jumlah yang besar, maka harus membutuhkan desain dan kopnya. Mulai sekrang bisa deh mendesain sendiri dengan mandiri kemudian print sendiri atau anda bisa membuka jasa nantinya.


Yang kita gunakan kali ini adalah Ms. Word seri Windows 8, dengan mempersiapkan beberapa pralatan pendukung lainya mulai dari laptop atau PC, printer, dan amplop kosong jika sudah maka langsung saja yuk kita mulai praktek brother. 

Cara Membuat Kop Amplop Surat di Word

1. Langkah pertama langsung saja buka Ms Word ya, kemudian cari dan klik MAILINGS ---> Envelopes
  


 
2. 
Setelah itu isikan alamat tujuan dengan Delivery Address serta alamat balasan surat pada kotak isian Return Address.


3. Langkah berikutnya silahkan, klik Options di bagian bawah, dan pilih ukuran amplop (di sini kita pilih ukuran standar DL 110 x 220 mm), dan klik OK.


4. Selanjutnya klik Add to Document hingga muncul tampilan seperti ini:


5. Sekarang tinggal membuat atau mengcopy-paste kop ke dalam amplop. Caranya, double klik atau klik dua kali pada bagian paling atas amplop untuk memunculkan Header section dan Footer section seperti gambar di bawah:


Anda juga bisa menambahkan tulisan atau logo di bagian footer jika diperlukan.

6. Buat atau copy paste kop amplop yang diinginkan, dan lakukan pengaturan penempatan kop dengan menggunakan ruler atas dan samping sesuai keperluan (tanda panah pada gambar di bawah). Contoh di sini kita buat kop sederhana seperti ini.

Catatan: Gunakan double klik untuk berpindah dari satu mode ke mode lainnya. Maksudnya, klik dua kali atau double klik pada bagian-bagian amplop yang ingin diedit. Misalnya, jika Anda ingin mengedit kop amplop, klik dua kali di bagian header; dan jika ingin berpindah mengedit alamat tujuan surat, double klik pada alamat tujuan surat, demikian seterusnya.

7. Sebelum diprint, lihat lebih dahulu penampakannya dengan klik menu FILE ---> Print. Jika ada hal-hal yang belum sesuai, kembali ke halaman edit dan lakukan editing seperlunya. 

Ada kalanya penampakan di halaman edit semua terlihat sudah sempurna, namun saat diprint ternyata ada bagian logo atau tulisan yang hilang, tumpang-tindih, atau tidak sesuai keinginan. Tidak perlu panik, silahkan kembali ke halaman edit dan geser-geser penempatan logo atau tulisan sampai sesuai dengan keinginan. Khusus untuk logo, jika ingin penempatan logo bebas tanpa “mengganggu” atau “menggeser” tulisan di sampingnya, double klik pada logo anda ---> klik menu Wrap Text (di bar menu sebelah atas) ---> dan pilih opsi In Front of Text (atau silahkan bereksperimen dengan opsi-opsi lainnya sampai menemukan opsi yang sesuai).

8. Jika semuanya sudah OK, silahkan diprint sekarang. Namun jangan lupa, masukkan lebih dulu amplop kosong ke dalam mesin printer. Cara penempatan amplop bisa saja berbeda sesuai dengan jenis printer yang digunakan. Lakukan juga pengaturan printer sesuai kebutuhan seperti print warna atau hitam putih, volume copy, jenis printer, dan sebagainya. 

9. Selesai, dan lihat seperti apa kop amplop surat buatan Anda. Mudah-mudahan tidak kalah dengan kop amplop surat buatan mesin percetakan.

Ok sekian yang bisa kami sajikan kali ini mengenai cara mudah dan praktis membuat dan mencetak kop amplop surat dengan menggunakan Ms. Word semoga tutorial kali ini bisa bermanfaat bagi anda yang sedang mencoba membuat kop amplop sendiri.

Share:

Tweet Share GPlus