SiAmplop

Contoh Surat Penawaran Barang Yang Baik dan Menarik


Contoh Surat Penawaran Barang - Surat penawaran ini termasuk ke dalam surat niaga atau surat bisnis. Dimana surat penawaran ini dibuat oleh suatu perusahaan/badan usaha yang menjual suatu produk tertentu kepada calon pembeli yang berisi keterangan mengenai barang-barang yang akan dijual dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan. Penulisan dari surat penawaran ini cukup mudah namun, bagi Anda yang belum pernah menulis surat ini tentu saja merasa bingung dan butuh referensi contohnya. Informasi berikut ini akan membahas mengenai contoh surat penawaran barang.

Pada umumnya, contoh surat penawaran barang ini memiliki format yang hampir sama dengan surat surat niaga lainya dimana dilengkapi dengan kepala surat, tanggal, sampai pada lampiran dan initial yang bisa anda cek nanti dibawah ini. Akan tetapi, dari segi isi memang intinya menjelaskan akan prihal penawaran barang kepada orang, atau perusahaan dalam hal ini hubungan jual beli bisnis.

Selengkpanya untuk lebih jelasnya anda bisa perhatikan contoh dibawah ini berupa gambar dan kami tambahkan berupa teks yang biasa anda copy langsung dan tinggal mengganti keterangan seperti tanggal nama sesuai dengan kebutuhan anda.

Baca ini juga :  Contoh Surat Permintaan Barang
Gambar Surat Penawran Barang .Docx
Gambar Surat Penawaran Barang .Docx

Sebelum membahas contoh surat penawaran barang Anda harus mengetahui hal yang harus Anda pahami tentang surat niaga. Contoh surat penawaran barang yang baik harus memuat bagian-bagian surat berikut

Kepala surat (kop surat)
Kepala surat ini setidaknya memuat nama perusahaan atau badan usaha, alamat tempat usaha yang posisinya di sebelah paling atas surat.

Tanggal surat
Penulisan tanggal surat ini, jika terdapat kop surat maka penulisnnya tidak memakai nama kota.

Nomor surat
Di dalam nomor surat ini biasanya terdapat jumlah surat yang telah dikirim beserta kode surat dan tahun pembuatan surat.

Alamat dalam
Alamat dalam ini berisi alamat yang akan dituju. Jika menyebutkan nama orang, maka harus memakai sebutan seperti Saudara, Bapak, Tuan, Nonya dan lain-lain. Jika memakai jabatan maka tidak perlu menuliskan sebutan.

Hal/perihal
Hal ini berisi isi pokok dari surat, sehingga pembaca surat langsung mengetahui isi dari surat tersebut tanpa harus membaca keseluruhan dari surat.

Salam pembuka
Salam pembuka berfungsi sebagai pembuka surat agar surat terlihat lebih sopan.

Alinea pembuka
Merupakan awal dari pembicaraan yang dibicarakan dalam surat.

Alinea isi
Alinea ini berisi isi dari surat tersebut. Biasanya bagian isi ini harus memuat maksud dari surat secara jelas.

Alinea penutup
Merupakan tanda bahwa percakapan dalam surat akan segera berakhir.

Salam penutup
Salam yang digunakan untuk menutup surat agar lebih pantas.

Nama perusahaan
Ini merupakan nama perusahaan yang membuat dan mengirim surat

Tanda tangan
Sebuah surat dianggap sah bila surat tersebut terdapat tanda tangan dari pihak yang berwenang dan bersangkutan.

Nama terang
Nama terang ini merupakan nama dari yang memerintahkan untuk menulis surat biasanya adalah pimpinan.

Jabatan
Jabatan yang ditulis merupakan jabatan dari seseorang yang memerintahkan untuk menulis surat.

Lampiran
Lampiran ini ditulis jika terdapat sesuatu hal yang harus dilampirkan bersamaan dengan surat tersebut.

Initial
Initial ini merupakan initial dari penulis surat, biasanya terdiri dari dua orang.
Baca juga Contoh Proposal Penawaran Barang/Produk Ke Perusahaan

Bentuk-bentuk Surat Penawaran Barang

Bentuk surat yang biasanya digunakan dalam membuat contoh surat penawaran barang adalah
  • Bentuk lurus penuh (full block style) - Yaitu penulisan semua bagian surat yang berawal dari sisi kiri semua termasuk juga kop suratnya. - Bentuk lurus (block style)
  • Adalah bentuk surat yang bagiannya ditulis dari sebelah kiri kecuali kop surat yang berada di tengah tanggal surat, salam penutup, nama perusahaan, tanda tangan, nama terang, dan jabatan yang berada di sebelah kanan.
  • Bentuk setengah lurus (semi block style) - Bentuk ini hampir sama dengan bentuk lurus namun, di setiap alineanya menjorok ke dalam dengan spasinya 5.
  • Bentuk lekuk (indented style) - Bentuk surat ini seperti bentuk setengah lurus, hanya bedanya terletak pada alamat dalamnya yaitu dengan ketentuan nama dari margin kiri, alamat menjorok 5 spasi dari kiri, nama kota menjorok 10 spasi dari kiri.
  • Bentuk menggantung (hanging paragraph style) - Bentuk surat ini sama dengan bentuk lurus hanya saja baris kedua sampai terakhir  setiap alineanya menjorok 5 spasi dari kiri.

Syarat membuat surat penawaran barang

a.    Bahasa yang digunakan harus sopan, jelas, lugas, dan baku
b.    Isi surat harus berdasarkan keadaan yang sebenarnya
c.    Isi surat harus menarik agar banyak yang membeli
d.   Jika menggunakan singkatan, gunakanlah singkatan yang umum dipakai dalam surat.

Setelah informasi yang di atas tersebut Anda pahami inilah contoh surat penawaran barang yang baik dan benar.

PT ABADI JAYA
Jl. Pangeran Diponegoro No. 23
TANGERANG SELATAN
10 September 2016
Nomer :
Hal      : Penawaran Barang
Lamp : 1 lembar brosur AP/DG
Kepada
Manager PT Surya Abadi
Jl. Pattimura No. 3
Semarang

Dengan hormat,
Berdasarkan pengamatan kami, perusahaan Saudara sekarang sedang semakin berkembang dan tentunya semakin maju beberapa tahun terakhir ini. Dengan perkembangan tersebut maka harus didukung dengan peralatan kantor yang mencukupi dan sesuai dengan masa kini.
Dalam kesempatan yang baik ini, perusahaan kami bersedia untuk menawarkan beberapa produk alat kantor yang menjadi unggulan di perusahaan kami. Bersamaan ini kami lampirkan 1 lembar brosur sebagai bahan pertimbangan Saudara. Kami meyakini jika Anda memakai produk kantor unggulan yang diproduksi oleh perusahaan kami, maka pegawai Anda dapat bekerja secara efisien dan efektif sehingga akan meningkatkan prospek dari perusahaan.
Kami juga menawarkan promo spesial untuk perusahaan Saudara yaitu berupa pemberian diskon sebesar 10 % jika Saudara membeli produk kami sebelum tanggal 20 September 2016. Garansi dari produk kami adalah 2 tahun dari setiap produknya. Pembayaran bisa dilakukan dengan membayar uang muka sebesar 40 % dari harga total dan cicilannya dapat diangsur sebanyak 3 kali setelah barang sampai di tempat Anda.
Besar harapan kami untuk menerima pesanan dari Saudara. Kami yakin jika Saudara memesan produk kami, akan memberikan keuntungan untuk kedua belah pihak. Atas perhatian dan kerjasama Saudara kami ucapkan terima kasih.

Hormat  kami,         
PT Abadi Jaya        

Sandi Gunawan      
Marketing manager

Share:

Tweet Share GPlus