SiAmplop

√ Contoh Surat Kuasa Tax Amnesty Yang Benar

Contoh Surat Kuasa Tax Amnesty - Indonesia adalah negara kedaulatan yang penuh dengan peraturan, dimana seluruh peraturan dibuat agar ditaati oleh semua warganya. Salah satu peraturan yang wajib ditaati oleh seluruh warga Indonesia adalah peraturan untuk membayar pajak. Peraturan untuk membayar pajak ini sudah diatur dalam beberapa pasal di Undang-Undang. Mengapa sampai terdapat dalam beberapa pasal?  Karena ketentuan membayar pajak setiap subjek dan objek akan berbeda. Sehingga, perbedaan ini membuat peraturan atau tuntutannya pun berbeda. Untuk contoh mudahnya saja, peraturan untuk membayar pajak penghasilan dan pajak barang mewah tentu akan berbeda.
Contoh Surat Kuasa Tax Amnesty
Contoh Surat Kuasa Tax Amnesty
Dalam proses pembayaran pajak atau tax amnesty, pembayar akan mendapati atau membuat yang namanya surat kuasa tax amnesty. Surat kuasa ini ditujukan untuk dokumentasi dan sebagai bukti sebagaimana subjek pajak telah membayar kewajibannya. Beberapa pasal yang menjelaskan tentang ketentuan surat kuasa tax amnesty atau pajak antara lain adalah :

Pasal 14 PERATURAN MENTERI KEUANGAN NOMOR 118/PMK.03/2016 TANGGAL 15 JULI 2016 TENTANG PELAKSANAAN UNDANG-UNDANG nomor 11 TAHUN 2016 TENTANG PENGAMPUNAN PAJAK yang berbunyi :

Pasal 14
Penyampaian Surat Pernyataan harus memenuhi ketentuan sebagai berikut:
Disampaikan dengan menggunakan format sesuai ketentuan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 4 ayat (2); 

Ditandatangani oleh :
Wajib Pajak orang pribadi dan tidak dapat dikuasakan;
Pemimpin tertinggi berdasarkan akta pendirian badan atau dokumen lain yang dipersamakan, bagi

Wajib Pajak badan; atau
Penerima kuasa, dalam hal pemimpin tertinggi sebagaimana dimaksud pada angka 2 berhalangan.
Dan dalam membuat atau menyiapakan surat kuasa tax amnesty ini, penerima kuasa harus membuatnya sesuai dengan peraturan yang tercantum dalam Kitab Undang-Undang Hukum Perdata dan bukannya menyesuaikan layaknya surat kuasa 

LAMPIRAN PERATURAN MENTERI KEUANGAN. KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 229/PMK.03/2014 TENTANG PERSYARATAN SERTA PELAKSANAAN HAK DAN KEWAJIBAN SEORANG KUASA.
Baca juga Contoh Surat Keterangan Bebas Aset
Lalu bagaimana format pembuatan surat kuasa tax amnesty? Berikut ini contohnya.

SURAT KUASA

Yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama    :    ......................................   
NPWP    :    .....................................   
Alamat        ............................................................   
           
Pekerjaan/Jabatan    :    ...........................................   
Untuk selanjutnya disebut sebagai Pemberi Kuasa

Dengan ini menerangkan dan memberi kuasa kepada :
Nama                   :  ......................................
Umur                   :  ................................
KTP                     : ......................................
Alamat                : ...............................................................
Pekerjaan             : ..........................................................

Untuk selanjutnya disebut sebagai Penerima Kuasa

-------------------------------------------------KUASA KHUSUS---------------------------------------- --

untuk menghadap kepada petugas Tax Amnesty  KPP..............................  guna menyampaikan dokumen dan menjawab pertanyaan tentang Tax Amnesty .............................................................
Penerima kuasa dapat melakukan tindakan-tindakan lainnya yang penting dan berguna untuk kepentingan Tax Amnesty............................. dan melakukan hal-hal yang selayaknya dilakukan oleh seorang penerima kuasa sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Surat kuasa ini diberikan dengan hak substitusi baik sebagian maupun seluruhnya

Cikarang , 26 Agustus 2016



Penerima Kuasa                                                                                              Pemberi Kuasa




Materai 6000

Dari contoh surat kuasa tax amnesty tersebut tercantum beberapa poin, untuk bagian teratas terdapat data diri nama pemberi kuasa. Untuk data ini wajib diisikan dengan NPWP sebagai identitas resmi dalam dokumen perpajakan. 

Dan pada baris selanjutnya anda akan mengisikan jabatan atau pekerjaan yang dijalani saat ini. Biasanya jabatan atau pekerjaan ini perlu dicantumkan untuk menyesuaikan besar pajak yang harus dibayarkan kepada negara.
Jika seluruh data pemberi kuasa telah diisikan dengan lengkap, poin berikutnya adalah data diri penerima kuasa. Biasanya akan diisikan dengan nama, umur, nomer KTP, alamat serta pekerjaan. Kenapa tidak menyertakan NPWP penerima kuasa? Karena badan penerima pajak negara hanya akan mendata NPWP sebagaimana dia adalah subjek yang wajib untuk membayar pajak. Sedangkan badan penerima pajak negara hanya membutuhkan data lengkap penerima kuasa sebagai tanda bukti dan dokumentasi.
Selanjutnya diikuti dengan isi kuasa dan khusus. Pada kolom ini akan dituliskan alasan mengapa pemberi kuasa memberikan kuasa kepada penerima kuasa. Selain itu, pada beberapa baris kalimat ini juga akan tercantum beberapa hal penting yang menyatakan peraturan atau penjelasan tentang bagaimana guna surat kuasa tax amnesty ini.
Jika semua data sudah terisikan dengan benar dan baik, maka selanjutnya diteruskan dengan penandatangan oleh kedua pihak, yaitu pemberi dan penerima surat kuasa. Pada bagian tanda tangan pemberi kuasa akan disertai dengan materai 6000 yang menandakan bahwa pemberi kuasa sudah setuju dengan semua ketentuan yang ada. Dan apabila melanggar atau melakukan kesalahan dapat dikenai hukuman.
Beberapa hal yang perlu anda perhatikan ketika membuat surat kuasa tax amnesty ini antara lain adalah :
Penggunaan bahasa
Karena merupakan surat yang bersifat resmi, maka penggunan bahasa yang digunakan harus bahasa baku. Selain itu, penyusunan kata demi katanya pun harus efektif dan jangan berbelit-belit.
Usahakan anda bisa menggunakan kalimat yang singkat namun maknanya bisa dipahami oleh semua kalangan, baik petugas tax amnesty maupun orang awam.
Susunan
Mengapa susunan surat kuasa harus diperhatikan dengan baik. Karena susunan surat kuasa taxa amnesty ini akan sangat menentukan maksud pembuatan surat. Misalnya penyertaan nma dan data diri pemberi kuasa yang berada di bagian atas menandakan dengan jelas bahwa yang memberi tujuan haru di bagian atas. Sedangkan untuk data diri penerima kuasa berada di bagian bawah menandakan bahwa penerima menerima segala kuasa dan keputusan serta peraturan yang telah ditetapkan.
EYD
Tidak hanya pemilihan kata, namun penggunaan tanda baca serta penulisan kalimat juga harus dilakukan dengan benar. Sebagai contoh mudah, penggunaan titik titik untuk tempat pengisian data diri harus sama banyak yang menandakan tingkat kerapihan surat kuasa tax amnesty yang di buat.
Semoga dengan penjelasan di atas dapat membantu anda.

Itulah contoh surat kuasa tax amnesty beserta cara membuat dan poin poin penting yang harus diperhatikan.

Share:

Tweet Share GPlus